ILMU KOMUNIKASI UMM
Program studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Muhammadiyah Malang ini
menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh mahasiswa baru.
Prodi ini mempunyai daya saing dalam pengembangan keilmuan dan
ketrampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam. Prodi
ini juga mendapatkan predikat prodi terbaik tingkat Universitas.
Pada
tahun 2013 Prodi Ilmu Komunikasi berhasil mempertahankan akreditasi A
berdasarkan Surat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Hal ini melengkapi capaian akreditasi
institusi yang juga bernilai A. Prodi
Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang
diandalkan. Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus
meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus
disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas
yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam
aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media
Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada
dalam payung Literasi Media itu.
Gairah sivitas akademika juga sangat terlihat di tingkat mahasiswa,
Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan
Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat
kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris
(peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa
Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc).
Sementara itu, di tingkat dosen, ada banyak tulisan
yang tersebar di media cetak dan online serta buku-buku komunikasi
dihasilkan. Semua ini akan menambah kekuatan Prodi dalam mengantarkan
mahasiswa di di lapangan kerja nanti. Kajian keislaman dan muatan mata
kuliah bermuatan Islam juga menjadi kekuatan yang penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar